.comments-page { background-color: #00BFFF;} #blogger-comments-page { padding: 0px 5px; display: none;} .comments-tab { float: left; padding: 5px; margin-right: 3px; cursor: pointer; background-color: #f2f2f2;} .comments-tab-icon { height: 14px; width: auto; margin-right: 3px;} .comments-tab:hover { background-color: #eeeeee;} .inactive-select-tab { background-color: #d1d1d1;}
0

perkembangan internet di dunia dan di Indonesia secara khusus, fungsi dan jenis-jenis Protocol TCP/IP, manfaat internet bagi kehidupan dan diri sendiri.

Posted by devi oktaviani on 5:24 AM in

KATA PENGANTAR
















DAFTAR ISI
Kata Pengantar                                                                                                                                 1
Daftar Isi                                                                                                                                           2

BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang                                                                                                                                  3
Rumusan Masalah                                                                                                                            3
Tujuan                                                                                                                                               3

BAB II
PEMBAHASAN
1.      Perkembangan internet di dunia dan Indonesia secara khusus.                                          4
2.      Fungsi dan Jenis-jenis Protocol TCP/IP.                                                                              14
3.      Manfaat internet bagi kehidupan dan Anda sendiri.                                                         17

BAB III
PENUTUP
Kesimpulan                                                                                                                                     25
Saran                                                                                                                                               26

Daftar Pustaka                                                                                                                                27



BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Teknologi informasi telah membuka mata dunia akan sebuah dunia baru, interaksi baru, market place baru, dan sebuah jaringan bisnis dunia yang tanpa batas. Disadari betul bahwa perkembangan teknologi yang disebut internet, telah mengubah pola interaksi masyarakat, yaitu; interaksi bisnis, ekonomi, sosial, dan budaya. Internet telah memberikan kontribusi yang demikian besar bagi masyarakat, perusahaan / industri maupun pemerintah. Hadirnya Internet telah menunjang efektifitas dan efisiensi operasional perusahaan, terutama peranannya sebagai sarana komunikasi, publikasi, serta sarana untuk mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh sebuah badan usaha dan bentuk badan usaha atau lembaga lainya.

Internet sangat menarik bagi setiap orang karena bentuk informasi dapat berkomunikasi dengan seluruh manusia didunia ini. Tidak terpisah oleh jarak dan lain sebagainya. Internet mempunyai kelebihan sebagai media informasi dan komunikasi di bandingkan dengan media lain, adalah informasi yang didapatkan lebih mudah ,cepat dan murah dengan jangkauan global.

Rumusan Masalah
  1. Bagaimana perkembangan internet di dunia dan Indonesia secara khusus?
  2. Apa fungsi dan Jenis-jenis Protocol TCP/IP?
  3. Apa manfaat internet bagi kehidupan dan Anda sendiri?
Tujuan
1.      Menjelaskan bagaimana perkembangan internet di dunia dan di Indonesia secara khusus.
2.      Menjelaskan fungsi dan jenis-jenis Protocol TCP/IP.
3.      Menjelaskan manfaat internet bagi kehidupan dan diri sendiri.



BAB II
PEMBAHASAN
1.      PERKEMBANGAN INTERNET DI DUNIA DAN INDONESIA
a.      Perkembangan Internet di Dunia
Sejarah perkembangan internet di dunia dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969. Tahun 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.
Secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.
Daftar kejadian penting
Tahun
Kejadian
Uni Soviet (sekarang Rusia) meluncurkan wahana luar angkasa, Sputnik.
Sebagai buntut dari "kekalahan" Amerika Serikat dalam meluncurkan wahana luar angkasa, dibentuklah sebuah badan di dalam Departemen Pertahanan Amerika Serikat, Advanced Research Projects Agency (ARPA), yang bertujuan agar Amerika Serikat mampu meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi negara tersebut. Salah satu sasarannya adalah teknologi komputer.
J.C.R. Licklider menulis sebuah tulisan mengenai sebuah visi di mana komputer-komputer dapat saling dihubungkan antara satu dengan lainnya secara global agar setiap komputer tersebut mampu menawarkan akses terhadap program dan jugadata. Di tahun ini juga RAND Corporation memulai riset terhadap ide ini (jaringan komputer terdistribusi), yang ditujukan untuk tujuan militer.
Awal 1960-an
Teori mengenai packet-switching dapat diimplementasikan dalam dunia nyata.
Pertengahan 1960-an
ARPA mengembangkan ARPANET untuk mempromosikan "Cooperative Networking of Time-sharing Computers", dengan hanya empat buah host komputer yang dapat dihubungkan hingga tahun 1969, yakni Stanford Research Institute, University of California, Los Angeles, University of California, Santa Barbara, dan University of Utah.
Istilah "Hypertext" dikeluarkan oleh Ted Nelson.
Jaringan Tymnet dibuat.
Anggota jaringan ARPANET bertambah menjadi 23 buah node komputer, yang terdiri atas komputer-komputer untuk riset milik pemerintah Amerika Serikat dan universitas.
Sebuah kelompok kerja yang disebut dengan International Network Working Group (INWG) dibuat untuk meningkatkan teknologi jaringan komputer dan juga membuat standar-standar untuk jaringan komputer, termasuk di antaranya adalah Internet. Pembicara pertama dari organisasi ini adalah Vint Cerf, yang kemudian disebut sebagai "Bapak Internet"
Beberapa layanan basis data komersial seperti Dialog, SDC Orbit, Lexis, The New York Times DataBank, dan lainnya, mendaftarkan dirinya ke ARPANET melalui jaringan dial-up.
ARPANET ke luar Amerika Serikat: pada tahun ini, anggota ARPANET bertambah lagi dengan masuknya beberapa universitas di luar Amerika Serikat yakni University College of London dari Inggris dan Royal Radar Establishment diNorwegia.
Vint Cerf dan Bob Kahn mempublikasikan spesifikasi detail protokol Transmission Control Protocol (TCP) dalam artikel "A Protocol for Packet Network Interconnection".
Bolt, Beranet & Newman (BBN), pontraktor untuk ARPANET, membuka sebuah versi komersial dari ARPANET yang mereka sebut sebagai Telenet, yang merupakan layanan paket data publik pertama.
Sudah ada 111 buah komputer yang telah terhubung ke ARPANET.
Protokol TCP dipecah menjadi dua bagian, yakni Transmission Control Protocol dan Internet Protocol (TCP/IP).
Grup diskusi Usenet pertama dibuat oleh Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, alumni dari Duke University danUniversity of North Carolina Amerika Serikat. Setelah itu, penggunaan Usenet pun meningkat secara drastis.
Di tahun ini pula, 
emoticon diusulkan oleh Kevin McKenzie.
Awal 1980-an
Komputer pribadi (PC) mewabah, dan menjadi bagian dari banyak hidup manusia.
Tahun ini tercatat ARPANET telah memiliki anggota hingga 213 host yang terhubung.
Layanan 
BITNET (Because It's Time Network) dimulai, dengan menyediakan layanan e-mail, mailing list, dan juga File Transfer Protocol (FTP).
CSNET (Computer Science Network) pun dibangun pada tahun ini oleh para ilmuwan dan pakar pada bidang ilmu komputer dari 
Purdue University, University of Washington, RAND Corporation, dan BBN, dengan dukungan dari National Science Foundation (NSF). Jaringan ini menyediakan layanan e-mail dan beberapa layanan lainnya kepada para ilmuwan tersebut tanpa harus mengakses ARPANET.
1982
Istilah "Internet" pertama kali digunakan, dan TCP/IP diadopsi sebagai protokol universal untuk jaringan tersebut.
Name server mulai dikembangkan, sehingga mengizinkan para pengguna agar dapat terhubung kepada sebuah host tanpa harus mengetahui jalur pasti menuju host tersebut.
Tahun ini tercatat ada lebih dari 1000 buah host yang tergabung ke Internet.
1986
Diperkenalkan sistem nama domain, yang sekarang dikenal dengan DNS (Domain Name System) yang berfungsi untuk menyeragamkan sistem pemberian nama alamat di jaringan komputer.

Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @ juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan "at" atau "pada". Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.

Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.

Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.

Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat menjadi 10.000 lebih.

Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web.

Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0.

b.      Perkembangan Internet di Indonesia

Sejarah perkembangan internet di Indonesia bermula pada awal tahun 1990-an, saat itu jaringan internet di Indonesia lebih dikenal sebagai paguyuban network, dimana semangat kerjasama, kekeluargaan & gotong royong sangat hangat dan terasa diantara para pelakunya. Agak berbeda dengan suasana Internet Indonesia pada perkembangannya yang terasa lebih komersial dan individual di sebagian aktifitasnya terutama yang melibatkan perdagangan Internet.

Rahmat M. Samik-Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto  merupakan beberapa nama-nama legendaris di awal pembangunan Internet Indonesia yang mungkin kurang banyak dikenal oleh khalayak Internet Indonesia di tahun 2000 ini. Masing-masing personal telah mengkontribusikan keahlian dan dedikasinya dalam membangun cuplikan-cuplikan sejarah jaringan komputer di Indonesia. Pada waktu itu di awal tahun 1990-an jaringan Internet di Indonesia lebih dikenal sebagai paguyuban network. Semangat kerjasama, kekeluargaan  & gotong royong sangat hangat dan terasa diantara para pelakunya. Agak berbeda dengan suasana Internet Indonesia hari ini yang terasa lebih komersial dan individual di sebagian aktifitasnya terutama yang melibatkan perdagangan Internet.

Tulisan-tulisan tentang keberadaan jaringan Internet di Indonesia dapat di lihat di beberapa artikel di media cetak seperti KOMPAS berjudul "jaringan komputer biaya murah menggunakan radio" di akhir tahun 1990 / awal 1991-an. Juga beberapa artikel pendek di Majalah Elektron Himpunan Mahsiswa Elektro ITB di tahun 1989-an. Kebetulan saya adalah penulis sebagian dari artikel-artikel tersebut. Tidak terasa waktu demikian cepat berlalu, tanpa terasa hal itu telah melewati kita semua lebih dari 10 tahun yang lalu.

Inspirasi tulisan-tulisan awal Internet Indonesia datangnya dari kegiatan kami di amatir radio khususnya rekan-rekan di Amatir Radio Club (ARC) ITB di tahun 1986-an. Bermodal pesawat Rig HF SSB Kenwood TS430 milik Harya Sudirapratama YC1HCE dengan komputer Apple II milik YC1DAV sekitar belasan anak muda ITB seperti Harya Sudirapratama YC1HCE, J. Tjandra Pramudito YB3NR (sekarang dosen di UNPAR), Suryono Adisoemarta N5SNN (sekarang dosen di Texas,US) bersama saya YC1DAV kami berguru pada para senior amatir radio seperti Robby Soebiakto YB1BG, Achmad Zaini YB1HR, Yos YB2SV, YB0TD di band 40m. Mas Robby Soebiakto YB1BG merupakan suhu diantara para amatir radio di Indonesia khususnya untuk komunikasi data packet radio yang kemudian di dorong ke arah TCP/IP, teknologi packet radio TCP/IP yang kemudian di adopsi oleh rekan-rekan BPPT, LAPAN, UI, & ITB yang kemudian  menjadi tumpuan PaguyubanNet di tahun 1992-1994-an. Mas Robby Soebiakto YB1BG adalah koordinator IP pertama dari AMPR-net (Amatir Packet Radio Network) yang di Internet dikenal dengan domain AMPR.ORG dan IP 44.132. Saat ini AMPR-net Indonesia di koordinir oleh penulis YC1DAV. Koordinasi dan aktifitas-nya mengharuskan seseorang untuk menjadi anggota ORARI dan di koordinasi melalui mailing list YBNET-L@ITB.ac.id.

Di tahun 1986-1987-an awal perkembangan jaringan paket radio di Indonesia Mas Robby YB1BG juga merupakan pionir dikalangan teman-teman amatir radio Indonesia yang mengkaitkan jaringan amatir Bulletin Board System (BBS) yang merupakan jaringan e-mail store and forward yang mengkaitkan banyak "server" BBS amatir radio seluruh dunia agar e-mail dapat berjalan dengan lancar. Di awal tahun 1990-an komunikasi antara saya yang waktu itu berada di Canada dengan panggilan YC1DAV/VE3 rekan-rekan amatir radio di Indonesia dilakukan melalui jaringan amatir radio ini. Dengan peralatan PC/XT dan walkie talkie 2 meteran, komunikasi antara Indonesia-Canada terus dilakukan dengan lancar melalui jaringan amatir radio. Mas Robby YB1BG ternyata berhasil membangun gateway amatir satelit di rumahnya di Cinere melalui satelit-satelit OSCAR milik amatir radio kemudian kami melakukan komunikasi lebih lanjut yang lebih cepat antara Indonesia-Canada. Pengetahuan secara perlahan di transfer melalui jaringan amatir radio ini.

RMS Ibrahim (biasa dipanggil Ibam) motor dibalik operasional-nya Internet di UI, saat tulisan ini ditulis berada di Singapura untuk meneruskan S3. Ibam pernah menjadi operator yang menjalankan gateway ke Internet dari UI yang merupakan bagian dari jaringan universitas di Indonesia UNINET. Protokol UUCP yang lebih sederhana daripada TCP/IP digunakan terutama digunakan untuk mentransfer e-mail & newsgroup. RMS Ibrahim juga merupakan pemegang pertama Country Code Top Level Domain (ccTLD) yang dikemudian hari dikenal sebagai IDNIC (http://www.idnic.net.id).

Muhammad Ihsan adalah staff peneliti di LAPAN Ranca Bungur tidak jauh dari Bogor yang di awal tahun 1990-an di dukung oleh kepala-nya Bu Adrianti dalam kerjasama dengan DLR (NASA-nya Jerman) mencoba mengembangkan jaringan komputer menggunakan teknologi packet radio pada band 70cm & 2m. Jaringan tersebut dikenal sebagai JASIPAKTA dengan dukungan DLR Jerman. Protokol TCP/IP di operasikan di atas protokol AX.25 pada infrastruktur packet radio. Pak Ihsan ini yang mengoperasikan relay penghubung antara ITB di Bandung dengan gateway Internet yang ada di BPPT.

Pak Firman Siregar merupakan salah seorang motor di BPPT yang mengoperasikan gateway packet radio bekerja pada band 70cm. PC 386 sederhana menjalankan program NOS di atas sistem operasi DOS digunakan sebagai gateway packet radio TCP/IP. IPTEKNET masih berada di tahapan sangat awal perkembangannya saluran komunikasi ke internet masih menggunakan X.25 melalui jaringan SKDP terkait pada gateway di DLR Jerman.

Putu sebuah nama yang melekat dengan perkembangan PUSDATA DEPRIN waktu masa kepemimpinan Pak Tungki Ariwibowo menjalankan BBS pusdata.dprin.go.id yang hingga saat ini masih beroperasi. Di masa awal perkembangannya BBS Pak Putu sangat berjasa dalam membangun pengguna e-mail khususnya di jakarta Pak Putu sangat beruntung mempunyai menteri Pak Tungki yang "maniac" IT dan yang mengesankan dari Pak Tungki beliau akan menjawab e-mail sendiri. Barangkali Pak Tungki adalah menteri pertama di Indonesia yang menjawab e-mail sendiri. Saya sempat terkagum-kagum memperoleh jawaban e-mail dari seorang menteri Pak Tungki yang waktu itu sedang berada di Amerika Selatan dalam kunjungan kerjanya. Bukan main, seorang menteri tapi tetap menyempatkan diri untuk membalas e-mail.

Mas Suryono Adisoemarta N5SNN di akhir 1992 kembali ke Indonesia, kesempatan tersebut tidak dilewatkan oleh anggota Amatir Radio Club ARC ITB seperti Basuki Suhardiman (sekarang di AI3 ITB), Aulia K. Arief (sekarang di WAHID), Arman Hazairin (sekarang di Telkomsel) di dukung oleh Adi Indrayanto (sekarang S3 di Inggris) untuk mencoba mengembangkan gateway packet radio di ITB. Berawal semangat & bermodalkan PC 286 bekas barangkali ITB merupakan lembaga yang paling miskin yang nekad untuk berkiprah di jaringan PaguyubanNet. Rekan lainnya seperti UI, BPPT, LAPAN, PUSDATA DEPRIN merupakan lembaga yang lebih dahulu terkait ke jaringan di tahun 1990-an mereka mempunyai fasilitas yang jauh lebih baik daripada ITB. Di ITB modem packet radio berupa Terminal Node Controller TNC merupakan peralatan pinjaman dari Muhammad Ihsan dari LAPAN.

Berawal dari teknologi packet radio 1200bps di atas, ITB kemudian berkembang di tahun 1995-an memperoleh sambungan leased line 14.4Kbps ke RISTI Telkom sebagai bagian dari IPTEKNET akses Internet tetap diberikan secara cuma-cuma kepada rekan-rekan yang lain. September 1996 merupakan tahun peralihan bagi ITB, karena keterkaitan ITB dengan jaringan penelitian Asia Internet Interconnection Initiatives (AI3) sehingga memperoleh bandwidth 1.5Mbps (sekarang 2Mbps) ke Jepang yang terus ditambah dengan sambungan ke TelkomNet & IIX sebesar 2Mbps. ITB akhirnya menjadi salah satu bagian terpenting dalam jaringan pendidikan di Indonesia yang menamakan dirinya AI3 Indonesia yang mengkaitkan 25+ lembaga pendidikan di Indonesia.

Jaringan pendidikan ini bukan hanya monopoly ITB saja, jaringan pendidikan lain yang lebih besar lagi adalah jaringan SMK yang dibawahi DIKMENJUR (dikmenjur@egroups.com) yang saat ini telah mengkaitkan 270+ SMK di seluruh Indonesia. Saat ini ada 4000 SMK yang mempunyai potensi yang sangat besar jika berhasil dikaitkan. Belum lagi kalau bisa mengkaitkan 10.000 SMU ke Internet pasti tidak kalah serunya dengan mengkaitkan 1300 PTN / PTS (saat ini baru ~200 PTS/PTN yang terkait) di seluruh Indonesia ke Internet.

Di tahun 1989-1990-an, teman-teman mahasiswa Indonesia di luar negeri mulai membangun tempat diskusi di Internet, salah satu tempat diskusi Indonesia di Internet yang pertama berada di indonesians@janus.berkeley.edu. Berawal dari mailing list pertama di Janus diskusi-diskusi antar teman-teman mahasiswa Indonesia diluar negeri pemikiran alternatif berserta kesadaran masyarakat ditumbuhkan. Pola mailing list ini ternyata terus berkembang dari sebuah mailing list legendaris di janus, akhirnya menjadi sangat banyak sekali mailing list Indonesia terutama di host oleh server di ITB & egroups.com. Mailing list ini akhirnya menjadi salah satu sarana yang sangat strategis dalam pembangunan komunitas di Internet Indonesia.

Di tahun 1994-an mulai beroperasi IndoNet yang dipimpin oleh Sanjaya. IndoNet merupakan ISP komersial pertama Indonesia pada waktu itu pihak POSTEL belum mengetahui tentang celah-celah bisnis Internet & masih sedikit sekali  pengguna Internet di Indonesia. Seingat saya sambungan awal ke Internet dilakukan menggunakan dial-up oleh IndoNet, sebuah langkah yang cukup nekad barangkali. Lokasi IndoNet masih di daerah Rawamangun di kompleks dosen UI kebetulan ayah Sanjaya adalah dosen UI. Seperti kita ketahui bahwa perkembangan usaha bisnis Internet di Indonesia semakin marak dengan 60-an ISP yang memperoleh lisensi dari pemerintah. Asosiasi ISP (APJII) terbentuk di motori oleh Sanjaya cs di tahun 1998-an. Effisiensi sambungan antar ISP terus dilakukan dengan membangun beberapa Internet Exchange (IX) di Indosat, Telkom, APJII (IIX) & beberapa ISP lainnya yang saling exchange. APJII bahkan mulai melakukan manouver untuk memperbesar pangsa pasar Internet di Indonesia dengan melakukan program SMU2000 yang kemudian berkembang menjadi Sekolah2000.

Perkembangan terakhir yang perlu diperhitungkan adalah trend ke arah e-commerce dan warung internet yang satu & lainnya saling menunjang membuahkan masyarakat Indonesia yang lebih solid di dunia informasi. Rekan-rekan e-commerce membangun komunitasnya di beberapa mailing list utama seperti warta-e-commerce@egroups.com, mastel-e-commerce@egroups.com, e-commerce@itb.ac.id & i2bc@egroups.com. Sedangkan rekan-rekan penyelenggara WARNET banyak berkumpul di asosiasi-warnet@egroups.com, pada tanggal 25 Mei 2000 merupakan hari bersejarah bagi rekan-rekan WARNET – karena telah lahir asosiasi warnet yang ada secara fisik dalam pertemuan di kantor DIKMENJUR. Ketua Asosiasi Warnet adalah rekan Rudy Rusdiah, Bendahara rekan Adlinsyah dan Sekretaris Abdullah Koro. WARNET di Indonesia akan disediakan domain war.net.id.









2.      FUNGSI DAN JENIS_JENIS PROTOCOL TCP/IP

TCP/IP (singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet. Protokol ini tidaklah dapat berdiri sendiri, karena memang protokol ini berupa kumpulan protokol (protocol suite). Protokol ini juga merupakan protokol yang paling banyak digunakan saat ini. Data tersebut diimplementasikan dalam bentuk perangkat lunak (software) di sistem operasi. Istilah yang diberikan kepada perangkat lunak ini adalah TCP/IP stack
Secara umum fungsi protokol TCP/IP adalah sebagai penghubung dalam komunikasi data sehungga proses pertukaran data dapat berjalan dengan baik dan benar.
Secara khusus, fungsi protokol TCP/IP adalah sebagai berikut:
a.      Fragmentasi dan Re-assembly
Pembagian informasi yang dikirim menjadi beberapa paket data dari sisi pengirim. Jika telah sampai di penerima, paket data tersebut akan digabungkan menjadi paket berita yang lengkap.
b.      Enkapsulasi
Enkapsulasi (Encaptulation) adalah proses pengiriman data yang dilengkapi dengan alamat, kode-kode koreksi, dan lain-lain.
c.       Kontrol Konektivitas
Membangun hubungan komunikasi berupa pengiriman data dan mengakhiri hubungan dari pengirim ke penerima.
d.      Flow Control
Fungsi dari Flow Control adalah sebagai pengatur jalannya data dari pengirim ke penerima.
e.      Error Control
Tugasnya adalah mengontrol terjadinya kesalahan sewaktu data dikirimkan.
f.        Pelayanan Transmisi
Fungsinya adalah memberikan pelayanan komunikasi data yang berhubungan dengan prioritas dan keamanan data.
Jenis-jenis protokol yang berada dalam lingkup TCP/IP adalah
1)       HTTP
HTTP (HyperText Transfer Protocol) adalah sebuah protokol untuk meminta dan menjawab antara client dan server. Sebuh client HTTP seperti web browser, biasanya memulai permintaan dengan membuat hubungan TCP/IP ke port tertentu di tempat yang jauh (biasanya port 80). Sebuah server HTTP yang mendengarkan di port tersebut menunggu client mengirim kode permintaan (request) yang akan meminta halaman yang sudah ditentukan, diikuti dengan pesan MIME yang memiliki beberapa informasi kode kepala yang menjelaskan aspek dari permintaan tersebut, diikut dengan badan dari data tertentu.
HTTP berkomunikasi melalui TCP / IP. Klien HTTP terhubung ke server HTTP menggunakan TCP. Setelah membuat sambungan, klien dapat mengirim pesan permintaan HTTP ke server. HTTP digunakan untuk mengirimkan permintaan dari klien web (browser) ke web server, dikembali kan ke konten web (halaman web) dari server ke klien.
HTTP tidaklah terbatas untuk penggunaan dengan TCP/IP, meskipun HTTP merupakan salah satu protokol aplikasi TCP/IP paling populer melalui Internet. Memang HTTP dapat diimplementasikan di atas protokol yang lain di atas Internet atau di atas jaringan lainnya.

2)       FTP
FTP merupakan singkatan dari File Transfer Protocol. FTP terdiri dari sebuah client dan sebuah server yang merupakan aplikasi yang memberikan akses /pertukaran transfer data antara dua komputer ( client dan server ). Transfer yang file/ data ini dapat teradi antara komputer yang berbentuk mainframe dan sebuah komputer di jaringan lokal. Atau transfer data dapat terjadi dari komputer kita ke server FTP melalui internet. FTP merupakan aplikasi yang sangat berguna ( powerful) karena aplikasi ini menyediakan akses kepada pengunjung atau user untuk mengakses data yang tersimpan pada server tersebut, dan dapat diakses oleh sejumlah besar komputer secara bersamaan.

Secara garis besar, Proses transfer data atau file pada FTP memiliki dua alur.
Alur yang pertama adalah proses transfer data dari komputer local ( komputer kita ) ke komputer server (komputer remote) yang menyediakan akses ftp, Proses ini di kenal sebagai proses UPLOAD, sedangkan proses transfer data dari komputer server ( remote ke komputer local ( komputer kita ) dinamakan prosess DOWNLOAD. 

TUJUAN FTP SERVER ADALAH SEBAGAI BERIKUT :

1.   Untuk men-sharing data.
2.   Untuk menyediakan indirect atau implicit remote computer.
3.   Untuk menyediakan teempat penyimpanan bagi user.
4.   Untuk menyediakan transfer data yang reliable dan efisien.

FTP sebenarnya cara yang tidak aman untuk mentransfer file karena file tersebut ditransfer tanpa melalui enkripsi terlebih dahulu tetapi melalui clear text. Mode text yang dipakai untuk transfer data adalah format ASCII atau format Binary. Secara default, ftp menggunakan mode ASCII untuk transfer data. Karena pengirimannya tanpa enkripsi, maka username, password, data yang ditransfer, maupun perintah yang dikirim dapat di sniffing oleh orang dengan menggunakan protocol analyzer (Sniffer). Solusi yang digunakan adalah dengan menggunakan SFTP (SSH FTP) yaitu FTP yang berbasis pada SSH atau menggunakan FTPS (FTP over SSL) sehingga data yang dikirim terlebih dahulu dienkripsi (dikodekan).

FTP biasanya menggunakan dua buah port yaitu port 20 dan 21 dan berjalan exclusively melalui TCP. FTP server Listen pada port 21 untuk incoming connection dari FTP client. Biasanya port 21 untuk command port dan port 20 untuk data port. Pada FTP server, terdapat 2 mode koneksi yaitu aktif mode dan pasif mode.

untuk penggunaan ftp itu kita bisa download sendiri softwarenya atau langsung saja melalui comment. biasanya aplikasi yang saya pake untuk upload dan download adalah WsFtp_LE, kenapa saya menggunakan aplikasi itu karena aplikasi itu cukup simpel dan ringan buat di gunakan. jadi walaupun kita punya komputer yang minimum tapi kita akan ringan untuk menjalankannya.

Kalau cara penggunaan software wsftp saya rasa cukup simpel anda tinggal login dan terus di lanjutkan denga me-drag file yang mana yang mau anda upload atau download.

Ada lagi kita bisa menggunakan ftp lewat comment yang default biasanya ada di windows. untuk langkah-langkah penggunaannya adalah. kita masuk ke menu Start–>>Run, terus ketikan command, kemudian anda tentukan folder tempat file yang mau anda upload atau di mana tempat kita menaruh file yang mau kita download.

Setelah masuk ke folder yang di maksud kemudian anda ketikan ftp , sebagai contoh ftp aminudin.net dan kemudian dia akan conect ke server yang kita tuju sama seperti yang lainnya kita juga harus memasukan user dan password ftp kita. setelah anda masuk maka anda akan masuk ke menu home ftp kita.anda bisa melihat isi dari home tersebut dengan perintah ls maka kemudian akan muncul rincian file dan folder yang kita miliki. kalau anda mau masuk ke folder lain. sama sepeti biasa-biasanya yaitu dengan memasukan perintah cd sebagai contoh adalah cd public_html. setelah anda masuk ke folder yang kita tuju maka kita bisa langsung saja upload atau download. untuk perintah-perintahnya kalau anda belum tau maka anda tinggal masukan saja tanda “?” sebagai contoh ftp> ? maka akan muncul lish-lish perintah-perintah yang bisa di gunakan di sini. untuk upload file sendiri mengguanakan perintah PUT sebagai contoh ftp>put amin.jpg maka akan langsung file tersebut di upload dari komputer kita ke server. atau anda juga bisa download file yang ada di server ke komputer kita dengan menggunakan perintah get sebagai contoh ftp>get amin.jpg maka file tersebuat akan di copy dari server ke komputer kita. kalau anda telah selesai dengan semua proses maka anda dapat menutup atau keluar dari layanan ftp dengan menggunakan perintah bye.

Kelebihan:
FTP adalah protokol yg menggunakan mekanisme TCP, artinya pasti ada proses 3 way handshake, karena mekanisme TCP, semua protocol yg menggunakan TCP pasti reliable

Kekurangan:
Karena adanya proses TCP ini sepertinya agak2 lambat karena harus melakukan 3 way handshake sebelum proses transfer data

3)       MIME
MIME (Multipurpose Internet Mail Extension) adalah sekumpulan standar pengkodean yang dengannya jenis-jenis file tertentu (misalnya gambar-gambar JPEG dan GIF, video MPEG, dan dokumen-dokumen microsoft word) dapat dikonversikan menjadi file-file teks. Ketika file semacam itu diberikan kepada sebuah sistem e-mail yang dilengkapi dengan MIME, file tersebut dikodekan dan diberi label menurut sistem pengkodean yang digunakan, dikirimkan ketujuan akhirnya, dan kemudian dikodekan menurut label dokumen yang tercantum. Pada hari ini, kemampuan MIME telah terintegrasi didalam sebagian besar software aplikasi e-mail.
4)       SMTP
Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) adalah protokol standar untuk pengiriman email di Internet. SMTP menggunakan TCP port 25 atau 2525 dan kadang-kadang Anda dapat memiliki masalah untuk mengirim pesan Anda jika ISP Anda telah menutup port 25 .

5)       NNTP
6)       POP








3.      MANFAAT INTERNET DALAM KEHIDUPAN DAN DIRI SENDIRI

a.      Manfaat Internet Dalam Berbagai Bidang

Manfaat Internet di Bidang Kesehatan/Kedokteran

a.      Sebagai Pusat Informasi Kesehatan secara Online

b.      Dapat digunakan sebagai alat pendaftaran Pasien secara Online

c.       Dapat Mendekteksi Gejala-gejala Penyakit

d.      Memudahkan masyarakat dalam Mengetahui Berbagai macam Informasi Tentang Penyakit beserta Obatnya

e.      Memudahkan Masyarakat dalam Mengetahui Segala macam Penyakit beserta Pencegahnya

f.        Dapat mengajarkan masyarakat cara Hidup sehat dengan browsing ke Internat

Manfaat Internet di Bidang Pendidikan

a.      Sumber Pembelajaran

Internet sebenarnya jika kita analisa kasar saja, adalah sebuah perpustakaan online yang  luar biasa besarnya. Apapun yang kita inginkan dapat kita temukan dan peroleh secara cepat dan tepat., jika guru atau buku tidak mampu memberikan informasi secara tepat atau kita merasa kurang puas dengan penjelasan yang diberikan oleh guru, maka kita dapat menambah pengetahuan tersebut dari internet.
Misalnya, dengan memencet Anneahira, maka kita dapat memperoleh berbagai macam artikel terkait dengan berbagai macam aspek kehidupan. Jika kita browsing ke Anneahira, maka kita diberikan berbagai menu, termasuk dalam hal ini pendidikan.
Dalam waktu yang sangat cepat, kita dapat memperoleh apa yang kita perlukan, dari masalah yang dianggap remeh sampai pada masalah yang rumit dan besar. Dengan demikian, maka jelas bagi kita manfaat internet di bidang pendidikan.

b.      Tempat Eksplorasi Kemampuan

Internet itu merupakan tempat mengeksplorasi kemampuan diri. Dengan internet, maka kita dapat menunjukkan kepada khalayak atas kemampuan yang ada di dalam diri kita. Seperti kita ketahui, sangat banyak siswa kita yang mempunyai kemampuan terpendam. Keterpendamannya adalah karena mereka belum menemukan tempat atau wadah menuangkan kreativitasnya.
Salah satu bentuk eksplorasi internet dalam kegiatan pendidikan adalah blogger. Dengan memanfaatkan blogger, maka siswa dapat mengaktualisasikan kemampuan dirinya, terutama dalam bidang tulis menulis, setidaknya membuat catatan harian. Anak-anak yang mempunyai potensi dapat menggunakan fasilitas blog ini untuk menuangkan karya tulisnya. Dan, guru dapat melakukan penilaian setiap saat. 

c.       Media Pembelajaran Interaktif 
   
Internet juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran interaktif, artinya  jika
guru dan siswa online secara bersama-sama, maka pada saat itulah mereka dapat saling sharing. Tentunya dalam kondisi seperti ini, maka tingkat keikutsertaan siswa lebih tinggi. Mereka juga mengikuti proses secara ringan sebab tidak berhadapan langsung dengan guru.
Kita harus mengakui bahwa banyak anak yang ‘takut’ saat berhadapan dengan guru. mereka merasa takut, enggan, malu jika pada saat proses belajar tidak dapat. Tetapi dengan cara online ini, maka mereka terbebas dari semua itu. Anak-anak dapat belajar secara bebas dan bertanya tanpa batasan. Ini merupakan manfaat internet di bidang pendidikan, yang masih belum digarap secara maksimal.

d.      Media Kewirausahaan

Terkait dengan pembekalan seutuhnya bagi siswa, maka internet dapat dimanfaatkan sebagai media kewirausahaan. Hal ini karena kita dapat melakukan proses usaha melalui internet. Ada banyak orang yang sukses dengan memanfaatkan internet secara maksimal. Ini merupakan peluang usaha yang masih terbuka luas. Oleh karena itulah, guru harus dapat memproyeksikan proses pendidikan dan pembelajarannya kearah ini.
Guru yang berpandangan luas ke depan, pasti mampu menerjemahkan kurikulum dan menyesuaikan dengan perkembangan jaman. Dan, manfaat internet di bidang pendidikan memang sangat luas dan terbuka untuk setiap orang. Jika mereka memanfaatkan internet secara efektif, maka pendidikan dan pembelajaran kewirausahaan dapat dilakukan di sini.
Jika para civitas pendidikan benar-benar mengksplorasi kemampuan yang dimiliki, maka manfaat internet di bidang pendidikan benar-benar dapat dijadikan sebagai wadah kegiatan efektif dalam kehidupan. Internet dan jaringannya harus dimanfaatkan semaksimalnya, khususnya dalam dunia pendidikan agar proses dan hasil proses dapat maksimal.

 

Manfaat Internet di Bidang Pemerintahan

Implikasi di Bidang Pemerintahan

Implikasi IT dan Internet kepada bidang Pemerintahan agar kurang banyak dibahas, meskipun istilah e-government sering muncul dalam tulisan dan pemberitaan. IT dan Internet memaksa pemerintah untuk menjalankan pemerintahan dengan transparan. Pejabat-pejabat harus dapat dihubungi melalaui e-mail. Birokrasi untuk melakukan pelaporan dapat dikikis dengan menggunakan Internet.
Aplikasi IT yang berhubungan dengan pemerintahaan adalah aplikasi yang dapat mendekatkan pejabat dengan rakyatnya. Town house meeting dapat dilaksanakan melalui teleconferencing. Demonstrasi dari mahasiswa dan rakyat dapat dikurangi atau bahkan dihindari bila mereka dapat melakukan dialog (baik secara tatap mata maupun secara elektronik) dengan para pejabat. Mengapa tidak menggunakan teleconferencing dimana rakyat langsung dapat menghadap dan berdialog dengan pejabat, meskipun letak fisik diantara keduanya cukup jauh?
Di Indonesia, IT sebetulnya sudah lama digunakan di bidang pemerintahaan. Penggunaan Internet juga sudah dimulai dengan adanya aplikasi “RI-NET” sebagai salah satu aplikasi pemacu program Telematika Indonesia. Aplikasi RI-NET ini memberikan akses email kepada para pejabat, memberikan layanan web (homepage) yang dapat diakses di http://www.ri.go.id, memberikan layanan pertukaran informasi multimedia, dan di kemudian hari akan memiliki aplikasi Decission Support System.
Salah satu contoh aplikasi lain adalah penggunaan web untuk menampilkan hasil pemilu yang baru lalu. Pengguna Internet di mana saja dapat melihat hasil pemilu secara on-line dan real-time di http://www.kpu.go.id dan http://www.hasilpemilu99.or.id. Hal ini memberikan keterbukaan (transparansi) pada proses pemilu. Hasilnya dapat kita lihat bahwa tidak banyak orang yang mengeluhkan masalah hasil pemilu yang baru lalu.

Manfaat Internet di Lembaga Militer

Internet memberikan banyak sekali manfaat, ada yang memberikan manfaat baik dan buruk bila di gunakan untuk hal-hal yang negatif. Manfaat baiknya adalah kita bisa saling berkomunikasi dan berbagi informasi dengan cara saling mengirim e-mail, menghubungkan jaringan komputer dari komputer yang satu ke komputer yang lain, mengirim dan menerima file (dalam bentuk Text, Audio, Video), membahas topik tertentu, mengetahui informasi lebih cepat, membuat jarak di dunia semakin dekat.

Hampir semua jaringan Komputer saat ini menggunakan kabel sebagai sarana penghubung, pada saat ini telah menggunakan alat jaringan Komputer tanpa kabel yang disebut WIRELESS. Alat tersebut tidak memanfaatkan kabel sebagai media transmisi, melainkan memanfaatkan gelombang mikro atau gelombang elektro magnetik dan modem sebagai media transmisinya. Salah satu keunggulan dengan menggunakan teknologi ini adalah jangkauan dapat dioptimalkan, seperti untuk keluar kota atau bahkan untuk antar negara sekalipun.

Dengan adanya Wireless dan alat transmisi tersebut maka untuk saat ini disemua ruangan sudah bisa mengakses Internet dan memudahkan semua anggota untuk menggunakannya. Menjelajahi dunia maya tanpa batas, menjadikan Personil Militer sebagai Prajurit yang cerdas, tidak gagap teknologi dan mengerti perkembangan situasi terkini di dalam dan luar negeri, juga bisa saling memberikan saran, masukan dan kritikan di antara sesama anggota Prajurit Militer melalui e-mail.

Manfaat lain dari Internet bagi Lembaga Militer :
a.      Dapat mentransfer data (mengirim dan menerima) dengan cepat melalui e-mail pada saat salah seorang Perwira / Personel mengikuti kegiatan di luar Markas, sehingga dengan cepat dapat di akses.
b.      Dapat selalu berkomunikasi dengan Personil militer yang sedang melaksanakan tugas Satgas Polisi Militer di Libanon.

 

Manfaat Internet dalam dunia Hiburan

a.      Memudahkan Telekomunikasi Dengan Biaya Yang Lebih Murah

b.      Mudah Melakukan Pemasaran dan Publikasi

c.       Bisa Menjual / Membeli Barang Secara Online

d.      Bisa Menjalankan Sistem Aplikasi Terintegrasi Dari Banyak Tempat

e.      Dapat Mengisi Waktu Senggang

f.        Memudahkan Dalam Pencarian Tempat-tempat Wisata

g.      Menanbah Teman melalui akun Jejaring Sosial yang telah tersedia saat ini

 

Manfaat Internet di Bidang Kehutanan

a.      Memperkenalkan kepada orang-orang tentang lembaga Kehutanan tersebut dengan membuatkan web lembaganya di internet.

b.      Untuk melakukan penerimaan pegawai baru, lembaga dapat melakukan dengan sistem online di internet, sehingga lebih efisien waktu dan biaya.

c.       Untuk beberapa lembaga Kehutanan, internet dimanfaatkan untuk legalisasi online.

d.      Antara lembaga Kehutanan satu dengan lembaga Kahutanan lain pasti membutuhkan kerja sama maupun pembandingan, dengan internet hal-hal semacam itu dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.



Manfaat Internet dalam dunia Perikanan/Kelautan

a.      Untuk menggali potensi-potensi laut yang bermanfaat bagi manusia. 

b.      Mendorong pengetahuan umum masyarakat nelayan. 

c.       Memperluas kesempatan kerja dan berusaha bagi masyarakat pesisir. 

d.      Telah mampu membina ekonomi masyarakat pesisir di daerah yang sulit dijangkau oleh masyarakat.
e.      Membantu dalam penyediaan informasi tentang sarana nelayan

Manfaat Internet dalam Dunia Usaha
Dengan semakin berkembangnya INTERNET sekarang ini, semakin berkembang pula pemanfaatan INTERNET dalam upaya manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Salah satunya adalah memanfaatkan INTERNET dalam dunia usaha mereka. Dengan semakin banyak orang yang memanfaatkan/menggunakan INTERNET, juga membuka peluang tersendiri. Seperti peluang untuk menyediakan jasa layanan INTERNET ( ISP ), warung INTERNET ( warnet ), VoIP ( voice over internet protocol ), dan lain sebagainya.
Manfaat Internet dalam Pemasaran Barang dan Jasa
Banyak sekali manfaat INTERNET bagi perusahaan atau para produsen barang maupun jasa. Banyak sekali perusahaan atau para penyedia barang dan jasa akhir-akhir ini menggunakan media INTERNET untuk memasarkan barang dan jasa mereka. Dengan menggunakan media ini banyak kelebihan yang didapatkan oleh perusahaan dengan membangun sebuah halaman web perusahaan mereka masing-masing. Keuntungan dari web tersebut antara lain :
o   Web dapat memantapkan kehadiran perusahaan di dunia bisnis.
o   Web memberikan kesempatan bagi perusahaan memasuki jaringan yang lebih   global.
o   Web menyediakan informasi bisnis untuk pelanggan dan masyarakat secara  luas.
o   Web dapat memberikan pelayanan kepada pelanggan secara lebih baik dengan  adanya berbagai fasilitas yang menarik dan interaktif.
o   Web dapat meningkatkan minat masyarakat terhadap produk maupun perusahaan.
o   Web menjadi sarana pemberitaan informasi yang sensitif terhadap waktu.
o   Web juga dapat dijadikan sarana menjual produk atau tempat transaksi.
o   Web dapat menyajikan informasi secara interaktif dengan memanfaatkan multimedia.
o   Web mampu mencapai pasar ditinjau secara demografi sesuai dengan yang diinginkan.
o   Web menjadi saran untuk tanya jawab antara pelanggan dengan perusahaan  atau sering disebut frequently asked question (FAQ)
o   Web dapat memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk melakukan kontak atau berkomunikasi dengan pramuniaganya secara langsung dengan fasilitas chat online ataupun yang lainnya.
o   Web membuka kemungkinan bagi perusahaan memasuki pasar internasional.
o   Web dapat menciptakan pelayanan 24 jam.
o   Web  memungkinkan melakukan perubahan informasi yang tersedia dengan cepat.
o   Web akan memberikan kesempatan pelanggan untuk memberikan umpan balik kepada perusahaan.
o   Web dapat dijadikan ajang uji coba terhadap produk dan jasa yang ditawarkan.
o   Web dapat dijadikan saran media informasi, publikasi perusahaan dan promosi.
o   Web dapat mencapai pasar yang terspesilisasi.
o   Web juga dapat digunakan untuk memberikan pelayanan kepada pasar lokal.
Selain manfaat internet bagi para penyedia barang dan jasa di atas, juga menjadi suatu kemudahan bagi para pelanggan atau para pencari barang ataupun jasa, antara lain :
ü   Katalog produk secara elektronis
ü   Komunikasi pertukaran informasi antara satu pelanggan dengan pelanggan yang lain.
ü   Mempermudah pencarian produk
ü   Transaksi secara elektronis, sehingga akan mempermudah bagi pelanggan yang mempunyai waktu terbatas.
ü   Penghematan waktu dan biaya dalam membeli barang.
ü   Sumber informasi update barang atau jasa, dan sebagainya.
Manfaat Internet dalam Menciptakan Lapangan Usaha yang Baru
Dengan semakin luas perkembangan dunia INTERNET, dan juga semakin banyak orang mambutuhkan layanan INTERNET, maka timbullah peluang usaha yang baru antara lain :
-          Warung internet ( warnet )
-          Telepon dengan teknologi VoIP
-          Penyedia layanan INTERNET / ISP ( Internet Service Provider )
-          Dan lainnya
Manfaat Internet dalam Bidang Keagamaan
     
Dalam bidang keagamaan internet dimanfaatkan untuk sarana dakwah maupun diskusi-diskusi keagamaan, misalnya IsNet (Islam) maupun ParokiNet (Katholik) telah lama beroperasi dan memberikan manfaat yang besar untuk umat. Kegiatan pengumpulan zakat dan infak juga dapat dilaksanakan secara tepat.

Manfaat Internet dalam Bidang Sosial
     
Internet memberikan banyak kesempatan untuk kamu yang suka bersosialisasi dan mencari sahabat. Dengan menggunakan chat room maupun e-mail, kamu dapat menjalin komunikasi dengan teman-temanmu di seluruh penjuru dunia dengan biaya yang relatif murah dan dalam waktu yang singkat.

Manfaat Internet dalam Bidang Komunikasi
     
Kehadiran teknologi VoIP ( Voice over Internet Protocol ) memberikan manfaat yang sangat besar, yaitu pengguna telepon tidak perlu mengeluarkan biaya sambungan internasional yang sangat mahal untuk menghubungi rekan bisnis maupun keluarga di luar negeri.


b.      Manfaat Internet Bagi Diri Sendiri
Internet merupakan sebuah layanan yang memudahkan kita menambah wawasan, berkomunikasi, dan juga memudahkan kita untuk mencari suatu bahan yang mungkin sulit dicari secara nyata. melalui akses dunia maya internet ini, kita dapat menambah wawasan, berkomunikasi jarak jauh dan juga mencari informasi yang sangat kita butuhkan. Dalam dunia pendidikan internet dapat membantu siswa untuk mengakses berbagai informasi dan ilmu pengetahuan serta sharing riset antarsiswa terutama dengan mereka yang berjauhan tempat tinggalnya.
BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
Sejarah internet di dunia dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Sejarah internet Indonesia bermula pada awal tahun 1990-an, saat itu jaringan internet di Indonesia lebih dikenal sebagai paguyuban network, dimana semangat kerjasama, kekeluargaan & gotong royong sangat hangat dan terasa diantara para pelakunya. Agak berbeda dengan suasana Internet Indonesia pada perkembangannya yang terasa lebih komersial dan individual di sebagian aktifitasnya terutama yang melibatkan perdagangan Internet.
Secara umum fungsi protokol adalah sebagai penghubung dalam komunikasi data sehungga proses pertukaran data dapat berjalan dengan baik dan benar.
Secara khusus, fungsi protokol adalah sebagai berikut:
a.      Fragmentasi dan Re-assembly
b.      Enkapsulasi
c.       Kontrol Konektivitas
d.      Flow Control
e.      Error Control
f.        Pelayanan Transmisi
Jenis-Jenis protokol TCP/IP
Beberapa jenis protokol yang umum digunakan dalam sebuah computer adalah sebagai berikut:
7)                NetBeui Frame Protocol
8)                NetBIOS
9)                NWLink
10)            IPX / SPX
11)            TCP / IP
12)            Subnet mask
Internet sangat bermanfaat di dalam kehidupan, di antaranya dalam bidang
a.      Manfaat internet di bidang kesehatan/kedokteran
b.      Manfaat internet di bidang pendidikan
c.       Manfaat internet di bidang pemerintahan
d.      Manfaat internet di lembaga militer
e.      Manfaat internet dalam dunia hiburan
f.        Manfaat internet di bidang kehutanan
g.      Manfaat internet dalam dunia perikanan/kelautan
h.      Manfaat internet dalam dunia usaha
i.        Manfaat internet dalam pemasaran barang dan jasa
j.        Manfaat internet dalam menciptakan lapangan usaha yang baru
k.       Manfaat internet dalam bidang keagamaan
l.        Manfaat internet dalam bidang sosial
m.    Manfaat internet dalam idang komunikasi
Manfaat internet bagi diri sendiri yaitu memudahkan kita menambah wawasan, berkomunikasi, dan juga memudahkan kita untuk mencari suatu bahan yang mungkin sulit dicari secara nyata. melalui akses dunia maya internet ini, kita dapat menambah wawasan, berkomunikasi jarak jauh dan juga mencari informasi yang sangat kita butuhkan. Dalam dunia pendidikan internet dapat membantu siswa untuk mengakses berbagai informasi dan ilmu pengetahuan serta sharing riset antarsiswa terutama dengan mereka yang berjauhan tempat tinggalnya.
Saran
1.      Dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek)khususnya internet di harapkan kepada seluruh siswa untuk selalu mengikuti perkembangan iptek dengan terus memacu kegiatan belajar baik di sekolah maupun di luar sekolah.
2.      Bapak atau ibu guru memacu semangat para siswa untuk menulis dan memperbanyak kegiatan ilmiah berupa karya tulis untuk melatih kemampuan siswa berpikir kritis, analisis dan sistematis.
3.      Badan atau lembaga terkait di bidang pendidikan agar memperbanyak buku tentang teknologi informasi dan komunikasi untuk menunjang pembelajaran bagi siswa.
4.      Badan atau lembaga terkait di bidang pendidikan agar mempasilitasi sekolah atau lembaga pendidikan untuk membangun sarana teknologi informasi dan komunikasi yang memadai.
Daftar Pustaka

http://hendrasaja.wordpress.com/2009/03/17/perkembangan-internet-di-indonesia-dan-di-dunia/
http://www.alumni.tiupnjogja.com/index.php?pilih=news&mod=yes&aksi=lihat&id=9

http://www.wikihost.org/w/indonesiainternet/sejarah_internet_indonesia%3Aawal_internet_indonesia

http://id.wikipedia.org/wiki/Transmission_Control_Protocol/Internet_Protocol




0 Comments

Post a Comment

Share it

Blogger news

Blogroll

Blogger templates

Copyright © 2009 adevioktaviani_ngeblog All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.